Psikologi Islam


cover psikologi islam

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Sudah lama saya tertarik dengan studi ilmu kejiwaan dan membeli sebuah buku berjudul Panduan Lengkap & Praktis Psikologi Islam terbitan Gema Insani, yakni terjemahan dari At-Ta’shil al-Islami lil Dirasat an-Nafsiyah yang merupakan disertasi ilmiah doktoral dengan yudisium summa cum laude karya cendikiawan muslim kontemporer Muhammad Izzuddin Taufiq dari Faklutas Sastra Unversitas Maroko.

Salah satu ilmu yang tengah berkembang pesat pada dekade ini adalah psikologi. Ilmu yang menitikberatkan pada massalah kejiwaan ini kian dibutuhkan karena semakin banyak orang yang mengalami ganngguan baik stress ringan maupun berat. Penulis mengemukakan sudut yang paling murni dari psikologi yaitu Islam. Beliau juga mengupas konsep-konsep utama psikologi Barat. Adakah pertentangan antara psikologi Islam dan Barat?

Selanjutnya, saya akan memaparkan intisari dari setiap subbab dalam buku ini yang mencakup tiga bab besar yaitu Bab ke-1 Psikologi dan Definisinya Menurut Ilmu Syariah (Rekonstruksi Syar’i), bab ke-2 Pemahaman dan Sistem dalam Psikologi (Rekonstruksi Ilmu), dan bab ke-3 Studi Kejiwaan Klasik dan Proyek-proyek Yang Lain (Rekonstruksi Sejarah). Semoga dapat memperkaya pengetahuan kita tentang Psikologi Islam.

Wallahu a’lam bish showab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s