Mengapa Allah Membuatku Miskin?


 

“Ketika aku berdiri di hadapan pintu surga (yakni ketika isra’ mi’raj) ternyata kebanykan orang yang memasukinya ialah dari kalangan orang-orang miskin…”

(HR Bukhari, Muslim, Ahmad)

Dikutip dari sebuah buku yang benar-benar tidak mengecewakanku. Pantaslah harganya lumayan menguras kocek. Sebuah persembahan sebagai terapi hati menyelamatkan iman dan jiwa dari kemelut kemiskinan. Dikemas dengan ilustrasi cover yang membangkitkan sense of social. Dipaparkan secara cerdas melalui data-data terkini serta fakta yang terjadi di masyarakat pun dilengkapi dengan teori-teori kontemporer dari tokoh-tokoh ternama membuat buku ini benar-benar ilmiah tanpa menyimpang dari syariah karena yang terpenting, kita dapat melihat kemiskinan dari kacamata Islam serta dilengkapi dalil-dalil Al-Qur’an dan Hadits atau potongan shirah tentang bagaimana Rasulullah saw memosisikan orang miskin. Pun, yang perlu kita pahami di sini adalah definisi dari kata “miskin” itu sendiri sehingga tidak dengan mudahnya kita memandang rendah kepada mereka yang seolah ditakdirkan kurang beruntung oleh Allah SWT.

Menurut saya, buku ini layak dijadikan acuan dalam memahami masalah sosial yang terjadi di sekitar kita yaitu kemiskinan terutama bagi cendikia muslim yang sedang belajar ilmu sosial. Semoga ke depan khasanah perbukuan Indonesia semakin diperkaya oleh literatur-literatur semacam ini.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s