Buktikan “Sehat Dari Meja Makan” itu ok!! ^_^ (edisi revisi!)


Menjadi istri rumah tangga membuatku lebih “melek” lagi soal gizi karena hal ini amat menunjang produktivitas seseorang. suatu hari di toko buku ternama, ayahku menunjukkan sebuah majalah berjudul “My Healthy Life Sehat dari Mejaa Makan”. awalnya saya agak malas, apalagi dengan harganya tetapi sekilas membaca, saya jadi tertarik terutama karena ayah mau membelikannya untuk saya ;9

Ternyata eh ternyata, perhatianku selama ini tentang makanan bergizi belumlah cukup. Di dalam majalah tersebut dijelaskan kalau konsep The Basic Four yang biasa kita sebut dengan 4 sehat 5 sempurna itu sudah nggak relevan lagi diterapkan karena karbohidrat yang mendapat porsi terbanyak (6-11 porsi) dapat memicu peningkatan gula darah secara tiba-tiba, tetapi beberaoa saat kemudian langsung drop. Kondisi tersebut mengakibatkn munculnya berbagai penyakit degeneratif. Belakangan, bahkan susu dianggap kurang cocok untuk manusia dewasa karena produksi enzim laktase pada manusia berkurang seiring pertambahan manusia sehingga pengonsumsiannya justru dapat mengotori usus manusia.

 

Dalam majalah tersebut, Dr Oetjoeng Handajanto menuliskan 8 Rahasia Makanan Sehat :

1. Ubah porsi makanan yang semula 60% karbohidrat menjadi beberapa porsi yaitu sayuran sebanyak 6-10 porsi atau setara dengan 30-60% kalori, buah2an 4-6 porsi setara 15-30% kalori, gandum atau beras merah 2-4 porsi setara 15-30% kalori, kacang2an 1-2 porsi setara 5-20% kalori.

2. Rumus di atas tidak menganjurkan vegetarian murni. Susu, daging, telur, dan minyak boleh dikonsumsi selama mengikuti aturan.

3. Susu boleh diminum tidak lebih dari 4x dalam seminggu.

4. Daging boleh dikonsumsi tidak lebih dari 4x sebulan

5. Begitu pun telur, tidak lebih dari 4x sebulan.

6. Minyak atau gula tidak lebih dari 4x sebulan.

7. Rumus di atas boleh dikonsumsi mentah atau matang dengan perbandingan 60% mentah dan 40% matang karena makanan mentah kaya akan beragam enzim yang membantu pencernaan.

8. Bagi beragam makanan menjadi 2 kategori : asam dan basa. Lalu konsumsi selalu makanan sehari-hari menjadi 80% basa dan 20% asam. 

 

Selain itu, menurut Dr H Haufan Lutfi MBA, langkah untuk memilih makanan sehat yakni disesuaikan dengan organ pencernaan kita seperti gigi. Manusia lebih banyak memiliki gigi seri (8) dan geraham (20) ketimbang taring (4). artinya, gigi manusia didesain untuk lebih banyak mengunyah sayur, buah, dan biji-bijian ketimbang daging sehingga porsi idealnya 85% nabati dan 15% hewani atau dapat dibagai lagi menjadi 50% biji-bijian, 35-40% buah-buahan dan 10-15% daging. Pada makanan nabati tidak ada aturan khusus mengenai jenis mana yang lebih banyak dikosumsi tetapi prinsipnya ialah yang bervariasi dan berwarna-warni. Misalnya, sayuran hijau dkombinasikan dengan tauge, kacang merah, wortel, tomat, selada merah dan bayam merah. Selain itu, kita perlu mengonsumsi suplemen tambahan. Suplemen makanan terbaik tanpa efek samping adalah madu, royal jelly, dan bee pollen. Minimal dijadikan sebagai bagian dari sarapan.

Selain tips-tips di atas, kita juga harus memperhatikan kehalalan makanan (so pasti), kebersihannya, kemasannya, cara mengolah, kandungan gizi di dalamnya termasuk pengawet yang digunakan serta informasi penggunaannya secara tepat. So, ubahlah pola makan Anda mulai dari sekarang! Selain lebih sehat, jadi lebih hemat lho… =)

Be Healthy, Be Barakah! (-^___________^-) V

2 thoughts on “Buktikan “Sehat Dari Meja Makan” itu ok!! ^_^ (edisi revisi!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s