Terima Kasihku Kuucapkan… =’)


Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Rabb yang menguasai jagad alam semesta hingga sanubari terdalam seorang manusia. Sesungguhnya segala sesuatu berasal dariNya dan akan kembali kepada-Nya. Shalawat serta salam bagi manusia paripurna, Rasulullah Muhammad saw serta keluarga, para sahabat dan generasi penerus risalahnya, yang melalui perjuangan dan pengorbanan mereka lah penulis dapat merasakan manisnya Islam dan iman serta dapat menyelesaikan karya akademis ini dengan penuh syukur kepada Nya.

Skripsi ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Kesejahteraan Sosial dari Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Penulisan skripsi ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap modal yang terhimpun dari adanya interaksi sosial (kapital sosial) dalam  ranah ekologi sosialnya, khususnya peserta PPSDMS Nurul Fikri. Penulis berharap agar tulisan ini dapat menambah wawasan mengenai topik tersebut serta menjadi masukan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembinaan di PPSDMS sendiri.

Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, maka skripsi ini tidak akan selesai dengan baik. Maka dari itu, penulis hendak mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penyusunan skripsi ini hingga selesai baik secara langsung maupun tidak langsung:

  1. Mas Rissalwan Habdy Lubis. M.Si. selaku pembimbing skripsi yang meluangkan waktu, tenaga, pemikirannya bagi penulis dengan gaya khas yang santai namun berbobot. Terima kasih banyak Mas. Juga kepada Dra. Dwi Amalia Chandra Sekar M, Si. selaku penguji atas masukkannya yang bermanfaat bagi perbaikan karya tulis saya.
  2. Mas Priadi Permadi M. Si. selaku Pembimbing Akademis dan ayah bagi penulis di kampus, Mbak Dra. Fitriyah M. Si., dan Mbak Dra. Wisni Bantarti M. Kes. selaku pembimbing praktikum yang telah banyak membantu penulis baik secara akademis maupun personal. Prof. Isbandi Rukminto Adi, Ph.D, Dra. Ety Rahayu, M.Si, Mbak Iyen, serta jajaran dosen dan staf administrasi Ilmu Kesejahteraan Sosial yang banyak memberikan ilmu pengetahuan serta dukungan moril. Terima kasih banyak atas pengajaran dan bimbingan yang telah diberikan. Semoga Allah SWT memberikan sebaik-baik balasan di dunia dan akhirat.
  3. Keluarga besar PPSDMS Nurul Fikri meliputi pengurus pusat yang profesional, supervisor asrama yang tangguh, serta peserta dan alumni yang solid dan dahsyat, khususnya para informan. Semoga visi besar PPSDMS dan Islam dapat terwujud melalui tangan-tangan kalian.
  4. Pemimpin dunia-akhirat (amiin), suami terkasih Kak Huzu, Hudzaifah Hanum yang begitu banyak memberi. Semoga Allah SWT memberkahi tiap tarikan nafasmu dan melayarkan bahtera kita hingga ke surgaNya. Ana uhibbuka fillah.
  5. Ayahku tercinta Sunardjito yang telah mengajarkan ananda arti sabar dan berkorban, ibunda tersayang Rian Sulistiowati yang mengasup makanan dan cemilan di tengah penyusunan skripsi ananda. Juga Sidtu Riyati dan Siddi Andy Hasyim Nuh yang menjadi tempat belajar tentang perjuangan. Doa dan kasih sayang yang tak putus dari kalian amat berharga bagi ananda. Peluk dan doa untuk kalian. Semoga Allah mengumpulkan kita kembali di surgaNya.
  6. Adik-adik yang berwarna-warni sebagai anugerah terindah lainnya dari Allah SWT. Dengan keceriaan, mereka mengajariku makna menjadi kakak: Muhammad Althaf Ntap, Ulyn Nuha Mbul, Hujjatul Balighah Iqoh, Shafwatuts Tsana Cuppa Kuppa Syuppa Syalala, Shafwatun Nawa Acha, dan Dedek Naila Natalia Aufar juga Rasha, Rashi dan Apin. Kangen kalian selalu. Semoga rahmat dan keselamatan senantiasa tercurah atas kalian.
  7. Keluarga besar Soenarwi, Abdul Manap, Kampung Melayu & Pedati. Meskipun tidak banyak berinteraksi tapi aku yakin kalian selalu mendoakan keberhasilanku.
  8. Keluarga bahagia Kessos 2007 dan keluarga besar Kessos: Agustin Setyowardani, Andi Fitri Damayanti, Annisah Anis, Aprilia Nabila Apri, Aprilia Nur Fitri Noni, Aprishi Alita Pishy, Budhi Dharma, Chyntia Apsari, Dewi Evarini, Devi Yulianto, Dinna Nocharyta, Dwia Safitri Efit, Faisal Ical Herina Chorni, Hosea Obricanto, Lendi Andita, Maya Ryandita, Meidyta, Muhammad Iqbal, Mujie Abadi, Mutiara Nurul Aini Aya, Nurul Fajar, Nurul Hikmah, Nur Rahma Hanifa, Rhany Agustine, Taufika Diany Ikha, Theo Fransesca, Tsania, Tyas Amalia, Windy Trihapsari, Yayuk Mulyati. Sebenarnya saya nggak pernah ingat jumlah kita ada berapa tapi saya yakin bahwa kita satu untuk help people to help themeselve :J.
  9. Keluarga kecil di Cilandak yang penuh kehangatan, AIR dan ROHIS 34 yang terus mengembangkan sayapnya dengan komitmen, Akhwat Ceria (ACER) yang “menjaga” dalam cerianya, keluarga besar FSI dan ARC yang senantisa melakukan perubahan untuk membangun peradaban Islam, CERDAS, panitia KADAIS 2008 kalian takkan terlupa, Usroh yang tak terdefinisi namun pernuh arti. Binaan 2008 di FISIP yang memiliki ruang tersendiri di hati. Fathan Mubiina, Barisan Muslimah serta rekan-rekan dakwah kampus yang berjuang tanpa kenal lelah dan menyerah.. Peer Counselor UI, BKM UI yang telah memberikan tempat nyaman dan advis berharga selama pengerjaan skripsi (maaf ya karena lupa kucantumkan… T-T). Bunda, ummi, mama, di Ummi’s Corner yang luar biasa. FLOEM, Animerz, Big Family yang selalu membangkitkan kenangan yang ceria, Remaja Komplek PLN P3B dan Masjid Baitul Ihsan yang sedang bangkit menuju kemenangan. Insya Allah kan kita lanjutkan kisah kita di surgaNya kelak (amiin).

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.”

(Al-Qur’an Surat Al-Ahzab: 70-71)

Depok, 20 Juni 2011

Penulis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s